Jumat, 09 Desember 2016

Cara Membersihkan Kotoran Telinga yang Mengeras dengan Aman

Membersihkan Telinga


Cara membersihkan kotoran telinga yang sudah mengeras - kotoran telinga atau serumen, pada dasarnya merupakan zat alami yang terbentuk dari dalam telinga. Fungsi dari serumen adalah untuk melindungi liang telinga dari kotoran dan debu. Serumen inisifatnya bisa mengering dan keluar dengan sendirinya. Namun masalahnya, serumen ini terkadang tidak bisa keluar karena suatu alasan tertentu. Hingga akhirnya menumpuk dan kemudian mengeras di dalam telinga. Ini merupakan hal yang biasa terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa.

Sebelum membahas tentang cara membersihkan kotoran telinga sebaiknya ketahui dulu penyebab kotoran telinga mengeras berikut ini.


Penyebab kotoran telinga mengeras


Beberapa faktor bisa jadi penyebab terjadinya pengerasan kotoran telinga atau serumen. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Terjadinya penyempitan saluran telinga yang disebabkan faktor tertentu.
2. Menggunakan alat bantu dengar, penyumbat telinga, dan lain sejenisnya.
3. Kotoran telinga terlalu kering.
4. Sering membersihkan telinga dengan alat yang tidak seharusnya, seperti kertas yang dipelintir, jepit rambut, ataupun peniti.

Itulah beberapa penyebab yang bisa menimbulkan atau memicu kotoran telinga jadi mengeras. Untuk itu, cara membersihkan kotoran telinga yang benar perlu diterapkan. Karena bila salah cara pembersihannya, akan menjadi masalah yang lebih buruk lagi bagi telinga kita.

Cara membersihkan kotoran telinga yang telah mengeras di dalam telinga. Bagi anda yang ingin tahu cara membersihkan kotoran telinga sendiri di rumah, inilah tips-tipsnya.

1. Obat tetes telinga

Obat ini berfungsi sebagai pelunak kotoran telinga yang mengeras. Sehingga kotoran akan keluar dengan sendirinya atau dengan sedikit bantuan.

Cara pemakaiannya cukup mudah. Cukup teteskan obat pelunak kotoran telinga ke dalam telinga pada saat malam ketika hendak tidur. Lalu tutup telinga dengan kapas bersih.setelah bangun tidur, kita akan melihat kotoran ini sudah melunak sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Namun bila dipakai terlalu sering, biasanya akan menyebabkan iritasi pada kulit. Sebaiknya hentikan pemakaian bila dirasa terjadi luka ruam pada daerah yang ditetesi obat pelunak kotoran telinga tadi. Karena dikhawatirkan akan terjadi infeksi pada telinga.

2. Baby oil

Baby oil juga bisa dimanfaatkan sebagai obat pelunak kotoran telinga yang aman. Caranya juga sama seperti penggunaan obat tetes telinga. Dengan cara meneteskannya ke dalam telinga. Maka kotoran akan melunak dengan sendirinya.

3. Gunakan ear pick

Penggunaan cotton bud sebagai pembersih kotoran telinga, mungkin kurang tepat saat kotoran telinga sudah mengeras di dalam. Karena bisa beresiko membuat kotoran itu masuk lebih dalam. Oleh karena itu gunakanlah ear pick sebagai gantinya agar lebih aman.

Ear Pick
Ear Pick

Ear Pick
Ear Pick

Ear Pick
Ear Pick

Dapatkan Ear Pick FlashLight di www.suryamode.comatau Klik Link Dibawah ini :
http://www.suryamode.com/obat-alat-kesehatan/korek-kuping-lampu-led-earpick-flash-light


4. Kompres air hangat

Anda juga bisa melakukan kompres untuk melunakkan kotoran telinga. Caranya adalah dengan menaruh botol yang berisi air hangat di lantai. Kemudian posisikan telinga beberapa centimeter di atas botol. Maka kotoran lama kelamaan akan melunak.

5. Larutan garam

Cara untuk membuat larutan garam adalah dengan menyampurkan garam dengan air hangat secukupnya. Setelah larut, masukkan kapas ke dalam larutan agar airnya meresap. Setelah itu teteskan air yang telah diserap kapas ke dalam telinga. Satu atau dua tetes saja, jangan terlalu banyak.

Kemudian tunggu hingga kira-kira air garam sudah membasahi kotoran telinga. Jika sudah, tutuplah telinga dengan kapas kering, lalu miringkan kepala dengan posisi telinga yang sudah ditetesi larutan garam berada di bawah. Setelah itu tunggu hingga larutan garam keluar lagi.

Itulah cara membersihkan kotoran telinga yang aman. Bila anda tidak cukup percaya diri untuk membersihkan sendiri di rumah, datanglah ke dokter tht agar dokter yang akan menangani telinga anda. Jangan sampai membiarkan kotoran yang mengeras berada di dalam telinga dalam jangka waktu yang panjang. Karena hal itu akan beresiko buruk bagi telinga anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar